manajemen public relation
public relation adalah manajemen komunikasi antara sebuah organisasi dan publiknya.definisi public relation yang dikemukakan oleh james E.Grunig dan Tedd Hunt tersebut mengandung beberapa komponen yaitu manajemen,komunikasi,organisasi,dan publik .
1.The Excellence Theory
teori ini dilakukan oleh James E.Grunig,Larissa A.Grunig,dan David M.Dozier.
- Manajemen - merupakan inti pengetahuan tentang bagaimana melakukan koordinasi terbaik dari berbagai kegiatan yang dilakukan.
- Komunikasi - pengertian terhadap pesan pihak lain melalui cara mendengarkan dan dialog.
- Organisasi - merupakan kumpulan beberapa kelompok yg terorganisasi dan memiliki tujuan yang sama,misalmya bisnis.
- Publik - kumpulan beberapa kelompok yang terkait dengan minat yang sama.
- manajemen kegiatan public relation yang dilakukan oleh organisasi .
- manajemen kegiatan public relation yang lebih khusus.
1.The Excellence Theory
teori ini dilakukan oleh James E.Grunig,Larissa A.Grunig,dan David M.Dozier.
- Tingkat program - organisasi yang efektif harus menguatkan public relation.
- Tingkat fungsional - PR harus terintegrasi dengan fungsi-fungsi komunikasi dan terpisah dari fungsi manajemen lainya termasuk marketing.
- Tingkat organisasi - organisasi yang efektif harus berdasarkan komunikasi internal dan eksternal.
- Tingkat sosial - harus menyadari dampak organisasi terhadap organisasi lain dan publik.
Komentar
Posting Komentar