manajemen public relation

public relation adalah manajemen komunikasi antara sebuah organisasi dan publiknya.definisi public relation yang dikemukakan oleh james E.Grunig dan Tedd Hunt tersebut mengandung beberapa komponen yaitu manajemen,komunikasi,organisasi,dan publik .

  • Manajemen - merupakan inti pengetahuan tentang bagaimana melakukan koordinasi terbaik dari berbagai kegiatan yang dilakukan.
  •  Komunikasi - pengertian terhadap pesan pihak lain melalui cara mendengarkan dan dialog.
  • Organisasi - merupakan kumpulan beberapa kelompok yg terorganisasi dan memiliki tujuan yang sama,misalmya bisnis.
  • Publik - kumpulan beberapa kelompok yang terkait dengan minat yang sama.
Ruang lingkup manajemen publik

  • manajemen kegiatan public relation yang dilakukan oleh organisasi .
  • manajemen kegiatan public relation yang lebih khusus.
Teori manajem public relation 
1.The Excellence Theory
teori ini dilakukan oleh James E.Grunig,Larissa A.Grunig,dan David M.Dozier.

  1. Tingkat program - organisasi yang efektif harus menguatkan public relation.
  2. Tingkat fungsional - PR harus terintegrasi dengan fungsi-fungsi komunikasi dan terpisah dari fungsi manajemen lainya termasuk marketing.
  3. Tingkat organisasi - organisasi yang efektif harus berdasarkan komunikasi internal dan eksternal.
  4. Tingkat sosial - harus menyadari dampak organisasi terhadap organisasi lain dan publik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review buku public relation

personal branding

produksi media cetak dan kit